Tuesday 30 July 2013

Tahukah Anda: Belajar dari Burung Gagak

Dipercayai sebagai burung pembawa nasib malang, ternyata banyak hal yang boleh kita pelajari dari burung gagak. Apa saja manfaat yang boleh kita tarik dari 'burung tukang sihir' ini?

1. Kerjasama sepasukan

Burung gagak merupakan haiwan sosial. Mereka selalu mencari makanan secara berkelompok dan terorganisasi.  Mereka juga tidak segan-segan saling berbagi makanan.

2. Kawanan

Ketika satu burung gagak terluka maka gagak yang lain akan datang membantu, bahkan terkadang boleh puluhan gagak berkumpul untuk menolongnya. Hal ini menunjukkan semangat kebersamaan dan merupakan kunci kejayaan dari spesies ini untuk bertahan.

3. Berkongsi maklumat

Setiap petang hari gerombolan gagak akan berkumpul bersama dan berkongsi maklumat tentang apa yang mereka alami sepanjang hari. Dengan saling bertukar maklumat, para gagak akan memberitahu di mana letak sumber makanan berpotensi untuk kelompoknya.

4. Etika

Gagak selalu terlihat sebagai haiwan yang licik dan mencuri dari mahkluk lain, namun ternyata mereka memiliki standard etika yang tinggi di kelompoknya. Jika seekor gagak tidak berbahagi tentang maklumat dan makanan dengan sesamanya, maka sang gagak akan mendapatkan hukuman. Hukumannya adalah gagak lain akan menggunakan cakar dan paruhnya untuk membuat sang gagak kedekut menjadi kesal.

5. Keberanian

Jika kebanyakan burung mendekati manusia dengan tidak terlalu memperlihatkan keberadaannya, maka berbeza dengan burung gagak. Burung satu ini boleh dengan berani mendekati manusia untuk memeriksa apakah ada makanan yang dibawa, malah pernah terjadi seekor gagak mencuri makanan dari tangan manusia.

Dibandingkan dengan burung rajawali dan helang, burung gagak memang memiliki ukuran yang kecil. Walaupun demikian, tidak menyurutkan niat mereka untuk mencuri dari cakar kedua burung besar tersebut.  Jadi walaupun ukurannya kecil atau kelompoknya kecil, mereka selalu boleh berperilaku lebih baik dibandingkan ukuran mereka. Jika mereka percaya bahwa hal itu mungkin terjadi maka akan terjadilah.

6. Suka mandi

Pendapat awam mengatakan bahwa burung gagak adalah burung hitam legam yang menakutkan. Namun dibalik warnanya yang terlihat sangat hitam tersebut, ternyata memiliki sekumpulan warna berbeda seperti warna ungu, hijau, biru dan lain-lain. Bahkan, burung gagak ternyata sangat rajin membersihkan dirinya.

7. Kemampuan otak

Burung gagak terkenal sebagai satu di antara haiwan yang pintar di dunia. Mereka mampu mengingat beberapa hal sangat baik dan bahkan memiliki kemampuan menyusun suara yang bagus setara dengan kemampuan bahasa manusia primitif. Kemampuan ini digunakan untuk dapat sukses bertahan di lingkungannya.

Dalam serangkaian percobaan yang dilakukan di Utsunomiya University, burung itu berhasil memilih bekas yang menyimpan makanan dengan jumlah tertinggi. Burung itu berhasil mengenali nombor yang tertera pada tutup bekas tersebut. Percobaan ini melibatkan delapan gagak hutan dan dua bekas yang telah ditandai dengan simbol angka pada tutupnya, masing-masing "dua" dan "lima." Kedua bekas tertutup itu ditempatkan dalam kandang di mana hanya bekas "lima" yang berisi makanan.

Hasilnya, burung-burung gagak mampu mengambil kotak yang benar. Shoei Sugita, seorang profesor morfologi haiwan, mengatakan jumpaan ini menunjukkan jika gagak memiliki kemampuan kognisi angka yang sama dengan manusia.

Sumber: Jadiberita.com

No comments:

Post a Comment